Sabtu, 19 Februari 2011

Tata Cara Penyusunan Skripsi


Definisi skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas masalah dalam bidang ilmu sesuai pada jurusan yang sedang di tempuh dengan menggunakan kaidah yang berlaku, skripsi disusun oleh mahasiswa di bawah pengawasan dosen pembimbing untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar sarjana maupun diploma.
Tujuan dari penyusunan skripsi adalah agar mahasiswa mampu menulis dan menyusun suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmu yang sedang di tempuh. Mahasiswa mampu melakukan penelitian mulai dari merumuskan masalah, mengolah data, mengumpulkan data, menganalisis, dan menarik suatu penyimpulan. Membantu mahasiswa menyampaikan, menggunakan, mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh menjadi suatu sitem yang terpadu untuk mengembangkan ilmu. Sehingga, guna mendapatkan sebuah skripsi yang baik di bawah ini merupakan beberapa hal menyangkut tata cara dalam penyusunannya secara garis besar. Yakni, sebagai berikut.

BAGIAN DEPAN
Judul. Judul merupakan sebuah cerminan yang dapat melukiskan isi dari skripsi yang dibuat, dimana judul yang disajikan tidak terlalu panjang atau secara singkat, jelas, dan tepat.
Kata Pengantar. Berisi uraian singkat tentang maksud penyusunan skripsi dan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam penulisan, penyusunan, penelitian sampai pada skripsi tersebut terselesaikan.
Lembar Persetujuan. Berisi format tentang persetujuan skripsi yang telah dibuat dan menyatakan skripsi untuk menyatakan bahwa skripsi tersebut telah siap untu diujikan.
Lembar  Pengesahan. Mirip dengan format pada lembar persetujuan, hanya pada lembar ini menyatakan bahwa skripsi yang dibuat telah disahkan, untuk di isi nanti setelah selesai melaksanakan ujian skripsi.
Abstrak. Abstrak atau sinopsis merupakan bagian dari laporan penelitian, abstrak ditulis dengan spasi tunggal atau 1 spasi, dengan maksimum penulisan 1 halaman. Untuk penyusunannya terdiri dari, paragraf pertama memberikan informasi secara ringkas mengenai tujuan penelitian termasuk alasan pokok dan tujuan khusus dari penelitian. Paragraf kedua memberikan informasi mengenai metodologi penelitian (obyek penelitian, pemilihan sampel, pengumpulan dan analisis data). Paragraf ketiga memberikan informasi tentang kesimpulan yang disusun berdasarkan hasil data.
Daftar Isi. Memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai isi skripsi dan bertujuan untuk memudahkan pembaca mengerti alur isi skripsi serta memudahkan pembaca mengetahui atau mencari dengan cepat letak suatu pokok bahasan. Daftar isi memuat seperti urutan bab dan sub bab yang disertai dengan nomer halaman masing-masing dan kerangka dari keseluruhan skripsi.
Daftar Tabel. Merupakan daftar yang memuat nomer dan judul gambar beserta nomer halamannya secara teratur berdasarkan nonmer gambar yang telah dimuat dalam isi skripsi.
Daftar Lampiran. Merupakan daftar yang memuat urutan judul lampiran beserta nomer halamannya secara teratur berdasarkan nomer lampiran dan halaman.

BAGIAN ISI
BAB I PENDAHULUAN

Bagian ini menjelaskan tentang issue penelitian, motivasi yang melandasi penilitian tersebut dilakukan, tujuan yang diharapkan dapat tercapai melalui penelitian ini, dan kontribusi yang akan diberikan dari penelitian. Terdiri seperti di bawah ini.
Latar Belakang Masalah. Pembahasan dimulai dengan uraian mengenai arti pentingnya penelitian dilakukan, alasan pemilihan judul, serta hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang melandasi topik penelitian.
Pengungkapan Masalah. Merupakan rumusan masalah dalam bentuk pertanyaan yang dapat diteliti secara jelas dan di uji melalui pengmpulan dan analisis data. Batasan atau asumsi yang digunakan dalam penelitian dikemukakan pada di bagian ini. Rumusan masalah harus spesifik dan tidak terlalu umum.
Tujuan Penelitian. Sesuai dengan masalah penelitian yang dirumuskan, maka dijelaskan juga tujuan yang hendak di capai dari penelitian tersebut. Kemudian diuraikan manfaat atau kontribusi apa yang diberikan oleh hasil penelitian tersebut, baik dari aspek teoritis maupun aspek praktisnya.
Sistematika Pembahasan. Memuat sistematika yang direncanakan untuk penulisan skripsi, yaitu rangkuman dari isi skripsi mulai dari bab pertama sampai bab terakhir.
*Jumlah halaman yang disajikan pada bab ini cukup 10 persen dari jumlah halaman bagian isi skripsi.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Merupakan sebuah kerangka teoritis, berisikan teori-teori dari pengetahuan yang dimiliki penulis dan berbagai referensi yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan, sebagai landasan pendukung dalam mengungkapkan permasalahan yang akan ditampilkan pada bab berikutnya. Unsur kekinian juga perlu diperhatikan, adalah topik-topik baru lebih disukai dan lebih menarik, bahkan bagi dosen pembimbing dan penguji. Bila anda mereplikasi topik-topik lawas, penguji biasanya sudah hafal di luar kepala sehingga akan sangat mudah untuk menjatuhkan anda pada saat ujian skripsi.
*Jumlah halaman yang disajikan pada bab ini cukup 10 persen dari jumlah halaman bagian isi skripsi. 

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Berisi penjelasan tentang data yang digunakan, pemodelan empiris yang digunakan, tipe dan rancangan sampel, bagaimana menyeleksi data dan karakter data yang digunakan, model penelitian yang diacu, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, merupakan teknik pengumpulan data, berisi tentang uraian data-data yang digunakan dan disebutkan, jenis data penelitian dan bagaimana cara memperoleh data tersebut.
*Jumlah halaman yang disajikan pada bab ini cukup 20 persen dari jumlah halaman bagian isi skripsi.

BAB IV PEMBAHASAN atau ANALISIS

Bagian ini memaparkan hasil pengujian hipotesis, biasanya meliputi hasil pengolahan secara statistik, pengujian validasi dan reliabilitas, dan diterima atau tidaknya hipotesis yang diajukan. Merupakan bagian dari deskripsi uraian hasil proses berbagai pengujian data setelah tahap pemilihan dan pengumpulan data penelitian, atau sebagai pembanding dengan penelitian sebelumnya.
*Jumlah halaman yang disajikan pada bab ini upayakan mencapai 50 persen dari jumlah halaman bagian isi skripsi, karena penilaian dalam isi skripsi yang paling dominan adalah terletak di bab ini.

BAB V PENUTUP

Berisikan ringkasan, seperti di bawah ini.
Kesimpulan. Hasil penelitian dirangkum dan di diskusikan pada bagian ini, misalnya mengapa hasil yang diperoleh begini dan begitu, atau membuat rangkuman hasil analisis apakah hasil penelitian tersebut konsisten dengan hasil penelitian sebelumnya, juga harus menyimpulkan keberhasilan tujuan penelitian yang telah dapat dicapai.
Keterbatasan. Merupakan bagian yang mengemukakan kelemahan penelitian yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian, misalnya kelemahan penentuan kerangka sampel dan setting penelitian.
Saran-saran. Berisi masukan untuk penelitian selanjutnya pada masa mendatang akibat dari keterbatasan yang dijumpai pada penelitian ini.
*Jumlah halaman yang disajikan pada bab ini cukup 10 persen dari jumlah halaman bagian isi skripsi.

BAGIAN AKHIR

Daftar Pustaka. Memuat referensi yang diacu dan dibaca langsung dalam menyusun penelitian dan disajikan menurut abjad nama penulis, tanpa nomer urut.
Lampiran. Berisi gambar atau data-data pelengkap untuk menguatkan isi skripsi yang telah sibuat.
Semoga masukan di atas dapat bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa yang akan atau sedang menghadapi penyusunan skripsi. Hal yang perlu diperhatikan adalah, buatlah sebuah skripsi yang mudah dimengerti oleh orang yang masih awam sekalipun. Maksudnya. nantinya pembaca skripsi yang telah anda buat adalah luas, maka skripsi yang mudah dimengerti akan sangat bermanfaat bagi pembacanya.

0 komentar: