Selasa, 22 Februari 2011

Cara Membuat Paper Tugas Kuliah


Tidak sedikit dari para mahasiswa merasa kesulitan bila dihadapkan pada tugas membuat sebuah paper. Bagi mereka yang sudah akrab dengan kegiatan tulis menulis tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Tapi bagi mereka yang kurang kemampuannya dalam tulis menulis tentu ssangatlah memusingkan. Adakah panduan atau cara membuat paper yang benar dan bagus. :Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Topik

Penetapan topik sangatlah penting, karena merupakan cikal bakal dari sebuah paper yang akan kita susun. Topik yang dipilih sebaiknya tidak terlalu sempit dan juga tidak terlalu melebar. Selain itu topik yang dibahas sebaiknya didapat dari ide yang orisinil yang belum dibahas pada paper-paper lain atau bisa juga pengembangan dari topik yang pernah dibahas pada paper sebelumnya.

2. Data

Data merupakan bagian penting dari penyusunan sebuah paper. dengan adanya data yang lengkap serta valid hal tersebut bisa menciptakan sebuah paper yang berkwalitas. Dan data yang dikumpulkan tentu harus sesuai dengan topik yang akan dibahas. Dan data yang dimaksud bisa dimasukkan dalam bagian tinjauan pustaka.

3. Argumen

Argumen di sini merupakan pembahasan dari penelitian yang kita lakukan. Pembahasan ini harus didukung fakta-fakta dan bukti yang kuat. Argumen bisa dipakai untuk memperbaiki suatu data yang didapat atau bisa juga berupa pengembangan.

Setelah memahami unsur-unsur utama paper, selanjutnya akan kita bahas mengenai format paper. Perlu saya ingatkan bahwa kemungkinan format paper di satu universitas bisa berbeda dengan universitas lain. Tapi secara garis besar semua isinya sama, hanya penamaan babnya saja yang berbeda.

Bab-bab dalam paper yang saya ketahui adalah sebagai berikut:

1. Abstrak

Abstrak merupakan ulasan singkat mengapa penelitian dilakukan, bagaimana penelitian dilaksanakan, hasil-hasil yang penting, dan simpulan utama dari kegiatan.

Abstrak merupakan bagian yang penting dari sebuah paper. Biasanya pembaca menilai menarik atau tidaknya sebuah paper atau berbobot tidaknya sebuah paper. Penulisan abstrak yang kurang menarik bisa membuat pembaca enggan membaca paper kita lebih lanjut.

2. Pendahuluan

Bab ini mengulas tentang alasan pemilihan topik yang berupa menguraikan masalah-masalah yang ada sehingga membuat penelitian perlu untuk dilakukan. Bisa juga ditambahkan manfaat dan kelebihan penelitian ini dibandingkan penelitian sebelumnya.

3. Tinjauan pustaka

Tinjauan pustaka memuat tinjauan dan ulasan singkat dan jelas atas pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian. Pustaka yang digunakan sebaiknya berupa pustaka terbaru yang relevan dengan bidang yang diteliti.

Misalnya kita membahas tentang tentang kelebihan Service Oriented Architecture (SOA) dibandingkan arsitektur lain. Maka sebaiknya di tinjauan pustaka dibahas mengenai aristektur lain berserta kekurangannya yang nantinya akan dilengkapi dengan SOA.

Selain itu, tinjauan pustaka bisa juga membahas secara singkat tentang dasar teori yang diperlukan untuk memahami pembahasan yang akan kita lakukan selanjutnya. Tinjauan pustaka harus berupa data yang valid sehingga perlu untuk mencantumkan referensi dari mana data berasal. Selain itu, tinjauan pustaka tidak boleh lebih panjang dari pembahasan yang akan kita lakukan nanti.

4. Metodologi

Di sini berisi analisis, desain, dan implementasi dari penelitian yang kita lakukan. Di sini akan dibahas secara detail mengenai penelitian yang kita lakukan.

5. Uji coba

Di sini berisi hasil uji coba dari penelitian yang kita lakukan. Bandingkan dengan penelitian yang lama sehingga akan terlihat bahwa penelitian kita lebih unggul.

6. Simpulan

Simpulan memuat ringkasan hasil penelitian dan jawaban atas hipotesis penelitian. Bisa juga membuat simpulan dari hasil uji coba.


7. Daftar pustaka

Memuat semua pustaka yang kita gunakan dalam paper. Pustaka yang dimuat didaftar pustaka harus dikutip minimal sekali dalam paper.

0 komentar: